Selasa, 24 Mei 2016

Cara Membedakan Smartphone Xiaomi Asli

loading...

Ketenaran ponsel Xiaomi tak perlu diragukan lagi di Indonesia. Soalnya perusahaan teknologi dari Negeri Tirai Bambu ini mampu menjual smartphone berharga murah namun spek yang dibawanya melebihi kebanyakan perangkat merek lain di kelasnya. Kepopuleran Xiaomi pun digunakan beberapa pihak lain yang hendak menangguk untung namun tidak menggunakan cara ilegal yaitu memproduksi ponsel Xiaomi replika. Menariknya, perangkat Xiaomi tiruan ini betul-betul mirip jika dilihat sepintas lalu. Langkah hati-hati harus dimbil konsumen, mereka harus tahu cara membedakan smartphone Xiaomi asli dengan yang KW.

Langkah tergampang yaitu memakai aplikasi cek yang disediakan Xiaomi di https://jd.mi.com melalui peramban komputer atau laptop. Selanjutnya unduh file APK-nya dan Instal ke smartphone Xiaomi yang hendak diperiksa asli tidaknya. Buka aplikasi, kemudian lakukan refresh website https://jd.mi.com dan selanjutnya arahkan smartphone Xiaomi ke kode QR sampai proses pengecekan berakhir. Layanan website Xiaomi ini akan memperlihatkan detil mengenai smartphone Xiaomi yang dicek apakah original atau palsu. Namun perlu diingat aplikasi ini cuma berjalan pada seri Xiaomi terbaru diantaranya Mi 4 dan Mi 4i.

Cara membedakan smartphone Xiaomi asli dari KW juga bisa dilakukan dengan langkah berikut ini. Pertama yakni dengan menjalankan factory reset untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik yang artinya juga akan menghapus seluruh data yang sebelumnya terpasang. Pada smartphone Xiaomi palsu terlihat perangkat lunak yang digunakan bisa mengelabui aplikasi benchmark, seolah-olah perangkat palsu tersebut memakai spek hardware persis yang asli. Menjalankan factory reset maka software penipu benchmark akan hilang sehingga aplikasi benchmark bisa mendeteksi dan mengenali perangkat keras yang digunakan.

Selanjutnya instal aplikasi benchmark berikut ini : CPU-Z, Antutu dan Sensor Box. Cermati dengan seksama apakah spek hardware yang disematkan betul-betul sama dengan yang original atau tidak. Dan cek pula bahwa perangkat memiliki sensor dengan jumlah yang sesuai dengan pemindaian Sensor Box. Cara yang lain pun bisa diaplikasikan yakni cek versi OS yang digunakan. Umumnya ponsel Xiaomi dikeluarkan memakai antarmuka MIUI versi stabil sedangkan bila menjumpai MIUI versi Beta maka patut diduga itu adalah ponsel Xiaomi tiruan.

Konsumen pun dapat mencarinya di internet tentang versi MIUI yang digunakan di produk, bilamana tak ada maka mungkin saja perangkat itu KW. Cara membedakan smartphone Xiaomi asli pun dapat dengan melihat hasil kamera, resolusi dan aperture yang dimiliki. Cek bahwa itu sudah cocok dengan spesifikasi resminya yang bisa didapatkan di website resmi Xiaomi. Penting untuk dimengerti kendati produk tersebut bisa memberikan hasil foto bagus namun belum pasti itu asli. Cek nomor IMEI dan serial number di ponsel dan keduanya harus sama persis dengan yang ada di dus kemasan. Boleh jadi salah satunya berbeda.

Cara Membedakan Smartphone Xiaomi Asli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rini Meilyza