Kamis, 03 Maret 2016

Ketahui Perbedaan E-Banking dan M-Banking Untuk Para Nasabah Bank

loading...

Perbedaan E-Banking dan M-Banking sangat erat kaitannya dengan produk layanan perbankan yang ditawarkan di tengah masyarakat. Khususnya Anda sekalian yang masih menjadi nasabah salah satu bank konvensional atau syariah di Indonesia. Saat Anda resmi menjadi nasabah, tentu pihak bank yang bersangkutan akan menawari beberapa produk perbankan untuk dinikmati manfaatnya. Dua produk perbankan yang cukup populer dan hampir semua bank di tanah air memilikinya, yaitu e-banking dan m-banking. 

pengertian mobile banking,keuntungan internet banking bagi bank dan nasabah,pengertian menurut para ahli,perbedaan,contoh e banking,perdagangan yang dilakukan secara online dinamakan,
Produk yang telah disebutkan diatas bertujuan untuk memudahkan Anda sebagai nasabah saat bertransaksi non tunai dengan pihak bank maupun nasabah lainnya. Dengan kemudahan semacam itu, Anda bisa bertransaksi dengan siapa saja tanpa harus datang ke kantor cabang bank tertentu. Semua kemudahan yang masuk di dalam kedua produk perbankan tersebut sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi, komunikasi, dan internet. Secara umum, keduanya dapat diaplikasikan secara komputerisasi.

Lalu, apa perbedaan E-Banking dan M-Banking yang informasinya bermanfaat untuk para nasabah bank? Untuk lebih jelasnya, silakan dibaca uraian berikut ini.

1. Pengertian
Perbedaan dari dua produk perbankan tersebut bisa diketahui lewat definisi atau pengertiannya. E-banking adalah sebuah produk layanan perbankan yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal itu dikarenakan penggunaan peralatan berteknologi canggih untuk berkomunikasi semakin pesat kemajuannya. Sekarang, hampir setiap orang memiliki smartphone, tablet, atau jenis gadget lainnya yang dapat terkoneksi dengan internet. Dengan begitu, transaksi juga dapat dilakukan secara mobile dengan peralatan gadget tersebut. Sementara itu, M-Banking dapat diartikan fasilitas perbankan yang sangat erat kaitannya dengan penggunaan peralatan gadget canggih berbasis internet. Semua bisa dilakukan dalam m-banking, kecuali pengambilan uang cash atau tunai. Pasalnya, pengambilan uang tunai hanya dapat dilakukan melalui kantor bank atau di mesin ATM.

2. Layanan
Perbedaan E-Banking dan M-Banking juga dapat diketahui melalui produk layanan turunan dari masing-masing produknya. Diketahui layanan e-banking meliputi Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sistem aplikasi perbankan, sistem penyelesaian bruto waktu nyata, internet banking, dan sistem kliring elektronik. Sementara itu, layanan dari m-banking meliputi transfer dana atau uang, informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar, pembayaran berbagai kebutuhan hidup seperti listrik, telepon, pembelian pulsa, kartu kredit, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui berbagai layanan produk yang ditawarkan, nasabah dapat mengetahui lalu mengaplikasikan mana yang cocok dan sesuai untuk dipraktikkan. Pasalnya, tidak semua layanan dari e-banking dan m-banking sesuai untuk tiap nasabah bank dengan berbagai alasan dan kondisi yang mereka hadapi.

Sudah paham bukan, perbedaan dari kedua layanan produk perbankan, yaitu e-banking dan m-banking? Bagi Anda yang sudah menjadi nasabah, tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk membantu aktivitas sehari-hari. Semua itu bisa dimulai dari informasi tentang perbedaan e-banking dan m-banking.

Ketahui Perbedaan E-Banking dan M-Banking Untuk Para Nasabah Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah