Sabtu, 20 Februari 2016

Samar Tapi Jelas, Inilah Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina

loading...

Jalak Kebo Jantan dan Betina - Burung jalak kerbau sudah tidak salah lagi memang menjadi salah satu burung kicau favorit kicau mania. Dahulu jalak kerbau menjadi teman bernyanyi masa kecil dan hewan favorit fabel-fabel di buku sekolah. Namun, akibat perubahan lingkungan tentu saja lama kelamaan populasi jalak kerbau semakin berkurang. Menjumpai burung jalak cantik yang bertengger di punggung kerbau kini hanya milik beberapa daerah yang masih hijau saja. Namun uniknya, dibanding burung lain perbedaan jalak kebo jantan dan betina termasuk paling samar dicari.

Samar Tapi Jelas, Inilah Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina,jalak kebo jantan muda,ciri jalak kebo jantan,jalak kebo jantan mp3,suara jalak kebo mp3 download,
Inilah yang sering membuat kicaulovers penasaran. Pasalnya, kicau burung jalak kerbau jantan dinilai lebih indah dan nyaring dibandingkan dengan jalak kerbau betina. Selain itu, bila dilatih dengan baik maka burung jalak kerbau jantan bisa menirukan suara berbagai kicau burung lain tak ubahnya burung cendet ataupun beo. Jadi jika jenis kelamin jalak kerbau jantan dan betina sulit dibedakan, maka akan cukup menyusahkan bagi kicaulovers. Selain itu, bisa juga hal ini merugikan pra penjual burung jalak kerbau sendiri.

Jadi, mari kita coba untuk meneliti bersama perbedaan dasar antara jalak kerbau jantan dan betina yang tampak samar itu. Jika Anda amati lebih jauh akan ada beberapa perbedaan jalak kebo jantan dan betina yang tampak secara kasat mata, yaitu:

1. Adanya bulu antara hidung sampai paruh
Dari segi fisik inilah perbedaan paling mencolok yang bisa Anda teliti untuk mengetahui jenis kelamin jalak kerbau jantan atau betina. Pada bagian antara hidung sampai paruh jalak kerbau jantan terdapat semacam bulu halus, sementara jalak kerbau betina tidak. Bulu ini menyerupai sungut kucing, namun tidak kaku. 

2. Warna hitam pekat mengkilap
Perbedaan jalak kerbau jantan dan betina yang kedua adalah warna hitam yang berbeda. Memang spesies jalak memiliki warna umum yang sama yakni hitam. Namun, jangan salah jika warna hitam pada jalak kerbau jantan lebih mengkilap dibandingkan dengan jalak kerbau betina. 

3. Berkicau sambil mengembangkan bulu
Jika jalak kerbau yang Anda amati kebetulan sedang berkicau, maka Anda bisa mengidentifikasi perbedaan ketiga ini. Jika berkicau, burung jalak kerbau jantan akan mengembangkan bulu hitam di sekitar kepalanya sambil bergoyang, sementara itu jalak betina cenderung lebih tenang saat berkicau.

Selain dari jenis kelamin, baik buruknya kicau jalak kerbau konon juga ditentukan dari warna pupil matanya. Terdapat dua varian warna mata jalak kerbau, yakni yang berwarna hitam pekat dan kekuningan. Bagi kicau mania, jalak kerbau dengan warna pupil kekuningan dinilai lebih berkicau nyaring dibandingkan yang hitam. 

Nah, itulah tadi sedikit pengantar tentang perbedaan jalak kebo jantan dan betina yang bisa Anda pakai sebagai acuan sebelum membeli sepasang burung jalak. Apalagi jika Anda memang berniat membuat budidaya burung, tentu tidak lucu bukan jika sepasang burung jalak yang Anda beli justru berkelamin sama?

Samar Tapi Jelas, Inilah Perbedaan Jalak Kebo Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah