Sabtu, 20 Februari 2016

Perbedaan Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari

loading...

Perbedaan perubahan fisika dan kimia menjadi sebuah informasi di bidang ilmu pengetahuan alam atau sains. Mungkin perubahan kedua proses tersebut sudah dipelajari saat duduk di bangku SMP atau SMA. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dilanjutkan lagi lebih mendetail dengan mempelajari seluk beluk di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap zat atau materi di bumi dapat mengalami perubahan wujud. Sementara itu, materi dapat dibedakan menurut sifat fisika maupun kimianya. Sedikit diinformasikan di sini bahwa yang dimaksud sifat fisika suatu materi, yaitu sifat-sifat yang dapat diamati dengan pancaindra. Sementara sifat kimia suatu materi, yaitu sifat yang berkaitan dengan pembentukan materi baru. 

10 contoh perubahan fisika dan kimia,dalam kehidupan sehari-hari,20 contoh,perubahan kimia adalah,pengertian perubahan fisika,pengertian perubahan kimia,beserta alasannya,contoh sifat fisika,
Pada saat mengalami perubahan, sebuah zat dapat kembali ke wujud semula atau menghasilkan zat baru, misalnya saat menyalakan lilin. Lelehan lilin akan kembali pada wujud semula dan hanya mengalami perubahan bentuk. Berbeda saat Anda membakar kertas. Hasil dari pembakaran tersebut adalah abu atau arang, sehingga mengalami perubahan zat baru. Nah, perubahan yang tidak menghasilkan zat baru disebut perubahan fisika. Sementara itu, perubahan yang menghasilkan zat baru disebut perubahan kimia.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan perubahan fisika dan kimia yang perlu diketahui secara gambang? Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan dibawah ini.

1. Berubah warna, ukuran dan bentuk
Pada perubahan fisika, perubahan terjadi pada wujud warna, ukuran, dan bentuknya. Selain itu, perubahan fisika juga membuat ukuran benda menjadi lebih besar atau kecil dari sebelumnya. Sementara itu, perubahan kimiawi yang berubah adalah zatnya karena ada reaksi kimia. Selanjutnya, reaksi kimia akan membentuk jenis zat baru dari perubahan tersebut.

2. Berubah suhu
Penyebab dari perubahan fisika, yaitu perubahan suhu atau dikarenakan gaya. Contohnya, air yang didinginkan akan membeku dan berubah menjadi es yang padat dan keras. Sementara pada perubahan kimia, penyebabnya adalah adanya reaksi kimia. Reaksi tersebut akan membentuk zat baru. Contohnya, pembusukan makanan secara alami tanpa diberi obat atau bahan tertentu. Contoh lainnya, yaitu kertas yang dibakar dengan api hingga terurai menjadi abu.

3. Perubahan akan kembali
Selanjutnya, wujud asli benda atau zat sebelum mengalami perubahan fisika dapat dikembalikan dengan mudah. Contohnya, air yang didinginkan dan membeku dapat dijadikan menjadi cair kembali tanpa mengubah massa, sifat, dan volumenya dengan mendiamkannya di tempat terbuka. Sementara itu, wujud asli benda sebelum mengalami perubahan kimia tidak dapat dikembalikan dengan mudah. Contoh konkretnya, Anda tidak akan mengembalikan kertas yang sudah dibakar dengan api berbentuk abu berubah menjadi kertas seperti semula. Hal itu tidak mungkin terjadi.

Perubahan fisika dan kimia memang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengenalnya lebih jauh sebagai pembelajaran dalam kehidupan. Salah satunya, yaitu mengenal perbedaan perubahan fisika dan kimia.

Perbedaan Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah