Minggu, 07 Februari 2016

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Tugas Akhir Kamu

loading...

Kualitatif dan Kuantitatif - Hai buat kamu yang tengah menjalani masa akhir sebuah studi, pasti dong sedang pusing memikirkan metode penelitian apa yang paling pas buat kamu. Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa metode penelitian yang digunakan untuk mengolah data penelitian, diantaranya adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kedua metode ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif kerap menjadikan kamu bingung bukan? Untuk itulah kamu harus paham benar apa pengertian masing-masing metode sebelum kita menemukan perbedaan antara keduanya. 

perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif pdf,menurut para ahli,kuantitatif doc,beserta contohnya,ppt,menurut sugiyono,metode penelitian kualitatif dan kuantitatif,dan kuantitatif,
Pertama sekali adalah kita harus mengerti pengertian dari penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan dari deduktif menjadi induktif. Metode ini menggunakan kerangka teori atau gagasan dari para ahli yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah rumusan masalah dan ditemukan pemecahan masalahnya. Pemecahan masalah ini kemudian didukung oleh data empiris yang berada di lapangan untuk memperoleh sebuah pembenaran atau verifikasi. Penelitian kualitatif ini lebih menekankan pada proses serta makna yang belum dikaji secara ketat serta lebih menekankan pada realita yang telah terbangun secara social.

Selanjutnya adalah penelitian kuantitatif. Secara pengertian metode penelitian ini adalah sebuah metode penelitian yang lebih menitik beratkan pada hubungan sebab serta akibat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan bermacam-macam variabel yang digunakan sebagai penelitian yang berada dalam kerangka bebas nilai. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala dari holistic ke konseptual dengan mengumpulkan data dan menempatkan peneliti sebagai salah satu instrumen kunci. Penelitian ini lebih bersifat pada deskriptif dengan menggunakan analisis yang induktif. Oleh karena itu, proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian ini.

Setelah mengetahui pengertian masing-masing, maka kita dapat menyimpulkan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan mendasar dari kedua metode ini adalah penelitian kuantitatif memiliki jarak antara peneliti dengan obyek yang ditelitinya, berbanding terbalik dengan penelitian kualitatif yang menyatu antara peneliti dengan obyek yang diteliti yaitu berupa fenomena atau situasi yang tengah diteliti. Dalam melihat sebuah fenomena, ada perbedaan mendasar antara keduanya yaitu jika penelitian kualitatif melihat sebuah fenomena dengan realitas ganda atau majemuk, maka penelitian kuantitatif melihat sebuah fenomena dengan realitas tunggal.

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif berikutnya adalah dari segi posibilitas generalis. Untuk penelitian kualitatif pendekatan penelitiannya terbatas dan terikat oleh ikatan konteks serta waktu, berbanding terbalik dengan penelitian kuantitatif yang bebas dari ikatan tersebut. Dalam menilai sebuah penelitian, metode kualitatif selalu melihatnya tidak pernah bebas nilai yang berbeda dengan penelitian kuantitatif yang selalu melihat sesuatu selalu obyektif dan bebas nilai serta apa adanya. Jadi, apakah kamu sekarang sudah mengerti akan perbedaan keduanya. Dan mulai menentukan kira-kira metode apa yang paling sesuai untuk tugas akhir yang telah menanti. Selamat berjuang ya.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Tugas Akhir Kamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah