Sabtu, 13 Februari 2016

Perbedaan Margarin dan Mentega Berdasarkan Proses Pembuatannya

loading...

Perbedaan margarin dan mentega mungkin sudah banyak yang tahu. Mungkin sebagian orang juga menganggap bahwa mentega dan margarin adalah sama. Kedua bahan tersebut sebenarnya sangat berbeda, dan itu bisa dilihat dari bahan dasar, cara pengolahan, serta kandungan gizinya. Lantas, benarkah margarin itu lebih sehat dibanding mentega? Nah, dalam ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai itu semua.

merk mentega,blue band mentega atau margarin,mentega dan margarin,perbedaan mentega dan butter,margarin dan mentega serta contohnya,produk mentega,margarin pdf,butter adalah mentega putih,
Margarin adalah jenis produk makanan yang diolah sepenuhnya oleh manusia, mulai dari pembuatan bahan dasar dari minyak nabati dan melalui banyak proses kimiawi, seperti pemutihan dan penyaringan sebelum melakukan proses hydrolosis. Hydrolosis adalah pemanasan margarin menggunakan nikel dan hidrogen untuk membuat padat, dan proses selanjutnya adalah dengan menambahkan pewarna dan penyedap rasa. Proses ini akan menyebabkan timbulnya lemak jahat yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Mentega ini biasanya dibuat secara alamiah dimana proses pencampurannya dilakukan dengan manual, yaitu menggunakan kocokan tangan ataupun mesin besar. Selanjutnya untuk memisahkan antara cairan dan lemak dilakukan melalui proses reseptor asam laktat. Proses tersebut dilakukan melalui bakteri alami yang biasa didapatkan pada produk susu. Bakteri tersebut adalah bakteri yang tidak membahayakan, namun sangat bermanfaat bagi tubuh. Tanpa bakteri itu maka tak akan ada yang namanya yoghurt, keju, dan lainnya.

Perbedaan margarin dan mentega dapat Anda cermati melalui tulisan di bawah ini:

1. Mentega adalah sumber vitamin yang sangat baik. Vitamin yang terkandung dalam mentega adalah vitamin A, D, E serta K. Dan yang jelas vitamin tersebut tidak larut dalam lemak. Sedangkan pada margarin tidak mengandung vitamin, karena vitamin E dari margarin tersebut telah rusak atau larut dalam minyak.

2. Kualitas mentega sangat baik karena terbuat dari bahan krim mentah yang telah tersertifikasi, yaitu terdiri dari asam lemak yang menyehatkan. Sedangkan mentega terbuat dari bahan dasar minyak nabati yang telah dihaluskan dan diekstrak melalui proses kimiawi yang begitu panjang.

3. Pada mentega tidak terdapat lemak trans dan logam beracun. Sedangkan margarin banyak mengandung lemak trans yang bisa menurunkan atau meningkatkan kolesterol jahat secara cepat.

4. Sebanyak satu sendok mentega banyak mengandung lemak jenuh sebesar lebih dari 7 gram. Sedangkan pada margarin dalam kondisi padat mengandung lemak trans sebanyak 3 gram dan pada kondisi cair mengandung 1 sampai 2 gram.

Margarin dapat digunakan sebagai bahan untuk membantu membuat kue, tetapi tak semua jenis kue. Sementara itu, mentega mempunyai beberapa sifat kimia khusus yang alami yang memungkinkan menimbulkan reaksi kimia tertentu yang tidak bisa Anda dapatkan dari margarin. Dengan keterangan yang kami tulis, maka Anda pasti sudah bisa menentukan mana yang baik untuk kesehatan tubuh. Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai perbedaan margarin dan mentega, dan semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk Anda.

Perbedaan Margarin dan Mentega Berdasarkan Proses Pembuatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah