Minggu, 14 Februari 2016

Perbedaan Hub dan Switch Yang Perlu Anda Ketahui

loading...

Perbedaan hub dan switch, Anda pastinya sudah sering mendengar mengenai kedua hal yang satu ini bukan. Hub dan switch, mungkin Anda sering kali menyamakan kedua jenis perangkat jaringan ini. Akan tetapi, sebenarnya kedua jenis perangkat ini berbeda. Namun memang secara fisik hampir sama, oleh sebab itu lah mayoritas masyarakat di Indonesia menyebutnya dengan hub-switch dan menganggap kedua jenis perangkat jaringan ini sama baik secara fisik maupun fungsinya. Ada perbedaan yang sepertinya harus Anda ketahui. Setidaknya supaya Anda mengetahui bahwa dari hub dan switch ini ada perbedaan yang jelas.

gambar switch,perbedaan kabel utp dan coaxial,router,fungsi hub dalam jaringan,jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan lan, man dan wan,bridge,guided,straight through crossover and rollover,
Dalam dunia teknologi komputer dan juga jaringan, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah hub dan switch atau bahkan Anda biasa menyebutnya hub-switch. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada perbedaan hub dan switch? Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui hal ini sehingga tidak lagi mengatakan hub-switch melainkan hub dan switch. Akan tetapi bagi Anda yang belum mengetahui perbedaannya pastilah bingung dengan perbedaan yang ada antara hub dan switch tersebut. Sebab secara fisik kedua perangkat jaringan ini hampir sama.

Lantas, apakah perbedaan hub dan switch itu? Anda pastinya penasaran bukan dengan perbedaan kedua jenis perangkat jaringan yang jauh berbeda ini. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai perbedaan antara hub dan switch seperti yang telah di sebutkan pada awal pembahasan tadi. 

1. Cara kerja
Cara kerja dari hub dan switch saja sudah berbeda. Cara kerja hub lebih simple dibandingkan dengan cara kerja switch. Untuk lebih jelasnya, cara kerja hub adalah hanya menerima dan menyambungkan sinyal-sinyal yang ada melalui kabel yang tersambungkan pada setiap perangkat yang ada. Sedangkan untuk cara kerja switch jauh lebih ribet, yaitu mengirim dan menerima sinyal seperti layaknya hub, namun juga turut memproses informasi yang ada pada data link.

2. Kecepatan transfer data
Kecepatan dalam mentransfer data merupakan perbedaan hub dan switch berikutnya yang bisa Anda ketahui. Seperti pada perbedaan sebelumnya bahwa sudah jelas terlihat bahwa switch akan memproses informasi terlebih dahulu dan menyesuaikan adressnya, jadi untuk soal kecepatan transfer, switch lah yang paling cepat. Tidak seperti hub yang terlalu lama, karena seluruh sinyal yang ada akan disebar luaskan secara menyeluruh tanpa adanya proses filter. Hal tersebut juga sudah menjelaskan bahwa switch jauh lebih handal dibandingkan dengan hub.

Itulah beberapa perbedaan hub dan switch yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tetap menyamakan kedua perangkat jaringan yang jelas berbeda ini. Setidaknya Anda mulai paham dengan perbedaan yang ada antara hub dan switch pada komputer dan jaringan. Juga dengan begitu Anda tidak akan lagi salah paham dengan istilah yang ada pada teknologi komputer dan jaringan.

Perbedaan Hub dan Switch Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah