Senin, 29 Februari 2016

Perbedaan Hotspot dan Wifi Yang Perlu Anda Ketahui

loading...

Perbedaan hotspot dan Wifi merupakan topik yang akan kami bahas dalam artikel kali ini, dimana keduanya mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia jaringan internet. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, maka kebutuhan akan jaringan internet pun semakin meningkat. Bahkan mungkin dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dari internet. Dengan adanya internet ini, maka muncullah hotspot dan Wifi, dimana keduanya mempunyai perbedaan dan peranan masing-masing dalam dunia internet.

Perbedaan Hotspot dan Wifi Yang Perlu Anda Ketahui,maksud hotspot,kegunaan wifi,fungsi wifi,apa itu hotspot,fungsi wireless router,gambar kabel utp,apa itu wifi,gambar router,
Wifi bisa dikatakan merupakan sebuah teknologi canggih yang menggunakan seperangkat peralatan elektronika untuk menjalankan pertukaran data dengan memanfaatkan gelombang radio atau secara nirkabel (tanpa kabel) melalui sebuah jaringan local area (WLAN) yang ada pada komputer, termasuk internet dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, banyak orang yang kemudian mendefinisikan Wifi sebagai sinonim dari WLAN. 

Sedangkan hotspot atau area bersinyal adalah tempat tertentu atau area publik yang menyediakan layanan internet dengan memanfaatkan teknologi Wifi atau WLAN, seperti perpustakaan, plaza, tempat kuliah, dan masih banyak lagi. Banyak tempat-tempat umum yang menyediakan akses layanan Wifi secara gratis, tetapi ada pula yang menyediakan akses layanan tersebut dengan berbayar yang pastinya kecepatan koneksi antara Wifi gratis dan berbayar tentu berbeda.

Dari keterangan yang kami tulis diatas dapat disimpulkan bahwa antara hotspot dan Wifi jelas sangat berbeda. Untuk lebih dapat memahami, berikut ini adalah perbedaan hotspot dan Wifi.

1. Sebuah area hotspot dapat dibuat karena adanya Wifi, tetapi tidak sebaliknya. Tanpa ada Wifi, maka hotspot tidak akan pernah ada.

2. Hotspot adalah area atau tempat yang menyediakan layanan Wifi untuk perangkat tanpa kabel (nirkabel). Sedangkan Wifi harus melibatkan beberapa perangkat, seperti hardware dan driver, protokol, dan spesifikasi perangkat.

3. Wifi merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang digunakan dalam wilayah lokal (Local Area Network). Ini dipergunakan untuk terkoneksi antar perangkat dalam melakukan pertukaran data (internet). Sedangkan hotspot adalah tempat yang menyediakan akses layanan internet ke perangkat tanpa kabel (nirkabel) dengan menggunakan Wifi.

4. Wifi menggunakan gelombang radio berfrekuensi 2,4GHz untuk mendapatkan akses pertukaran data (internet) ke perangkat router. Sedangkan hotspot menggunakan sebuah router sebagai jalur akses untuk berbagi layanan internet.

Dari beberapa perbedaan hotspot dan Wifi di atas dapat kita simpulkan bahwa Wifi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengkoneksikan perangkat pada LAN. Ini merupakan teknologi pertukaran data tanpa kabel dimana yang dipergunakan sebagai media adalah gelombang radio. Sedangkan hotspot memanfaatkan Wifi untuk menyediakan layanan akses internet ke perangkat tanpa kabel. Jadi, hotspot adalah tempat atau area yang menyediakan layanan berbagi internet pada area lokal. Jika pada tempat tertutup Wifi dapat digunakan pada kejauhan 25 meter, sedangkan pada tempat terbuka bisa lebih jauh. Itulah yang dinamakan dengan Local Area Network.

Perbedaan Hotspot dan Wifi Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah