Senin, 08 Februari 2016

Perbedaan Haji dan Umroh Yang Paling Mendasar

loading...

Perbedaan Haji dan Umroh - Anda kerap mendengar istilah haji dan umroh yang biasa didengungkan di berbagai media baik media cetak maupun media elektronik. Haji maupun umroh merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam dengan berkunjung ke kota suci Makkah. Diantara kedua ibadah ini ada perbedaan serta persamaan yang mencolok. Perbedaan haji dan umroh dapat kita ketahui jika kita mengenal pengertian dari haji dan umroh. Serta kapan waktu ibadah haji dan umroh ini bisa dilaksanakan. Nah, apakah Anda sekalian telah mengetahui pengertian antara haji dan umroh?

perbedaan rukun haji dan umrah,persamaan haji dan umrah,rukun haji dan wajib haji,haji dan umrah serta hikmahnya,syarat dan rukun haji,pengertian haji dan umroh lengkap,apa itu wukuf,niat haji,
Pertama sekali adalah kita harus mengetahui apa sih ibadah haji terlebih dahulu. Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam yang mampu. Karena ibadah haji termasuk ke dalam salah satu rukun Islam. Hanya saja ibadah haji dititik beratkan pada umat Islam yang mampu beribadah haji, baik mampu secara fisik maupun financial. Ibadah haji dilakukan setahun sekali yaitu pada bulan zulhijjah dimana semua umat Islam dari berbagai penjuru dunia akan berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji di Makkah. Ada beberapa ibadah yang harus dilakukan dan masuk dalam rukun dan syarat sah haji.

Sedangkan ibadah umroh adalah ibadah yang pelaksanaannya seperti pelaksanaan haji namun ada beberapa ibadah yang membedakannya dengan haji. Umroh biasanya disebut juga sebagai haji kecil. Dan pelaksanaan ibadah umroh ini bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Hukum umroh ini adalah sunnah dan bisa dilakukan bagi siapa saja yang sanggup melaksanakan umroh. Berikut beberapa perbedaan haji dan umroh yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Waktu pelaksanaan
Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah haji dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu pada bulan Zulhijjah pada tanggal 9 sampai 13 Zulhijjah dalam kalender Hijriah. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun selain pada waktu haji.

2. Rukun dan tata cara pelaksanaan
Perbedaan yang paling mendasar dari haji dan umroh adalah rukun dan tata cara pelaksanaannya. Untuk rukun umroh diantaranya adalah niat, kemudian thawaf lalu sa’i serta tahalul atau memotong rambut. Sedangkan untuk haji ditambah dengan wuquf di Arafah, kemudian mabit (bermalam) di Muzdalifah dan Mina dan diakhiri dengan melempar jumroh.

3. Hukum
Untuk hukum pelaksanaan haji adalah wajib bagi mereka yang mampu, baik secara fisik dan mental serta financial baik untuk yang beribadah haji dan keluarga yang ditinggalkan. Sedangkan untuk umroh ada yang menyatakan wajib bagi yang mampu dan ada ulama yang menyatakan sunnah muakad. 

Demikianlah perbedaan haji dan umroh yang perlu diketahui. Semoga dengan informasi ini mampu menambah pengetahuan dan ketaqwaan kita sebagai seorang Muslim yang baik. Semoga kita semua diberikan rezeki oleh Allah SWT sehingga bisa berkunjung ke tanah suci Makkah. Amin.

Perbedaan Haji dan Umroh Yang Paling Mendasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah