Sabtu, 13 Februari 2016

Perbedaan CV dan PT Berdasarkan Pengertiannya

loading...

Perbedaan CV dan PT akan kami uraikan melalui artikel ini berdasarkan dari pengertiannya. Ternyata saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui, apa perbedaan dari kedua badan usaha tersebut. Oleh sebab itu, kami akan menguraikan secara detail satu demi satu mengenai perbedaan dari CV dan PT tersebut, supaya Anda dapat lebih memahami dengan mudah. 

pengertian pt dan cv,perbedaan cv dan pt dari segi pajak,pt adalah,persamaan pt dan cv,perbedaan cv dan firma,cv adalah lamaran kerja,contoh pt dan cv,perbedaan cv dan firma dalam bentuk tabel,
Perbedaan CV dan PT berdasarkan pengertiannya akan dijelaskan sebagai berikut. PT adalah sebuah singkatan dari kata Perseroan Terbatas. Pada jaman penjajahan Belanda dahulu PT sering disebut sebagai NV atau Naamloze Vennootschaap. PT adalah suatu perserikatan badan hukum yang bergerak dalam bidang usaha yang modalnya terdiri dari beberapa saham, dimana pemilik dari saham akan memperoleh bagian sesuai dengan besarnya saham yang telah ditanam pada perusahaan tersebut. Karena terdiri dari beberapa saham yang bisa untuk diperjual belikan, maka perubahan dari kepemilikan perusahaan tersebut dapat dilakukan tanpa harus membubarkan perusahaan. 

Pada perseroan terbatas besarnya kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan terpisah dengan kekayaan pribadi dari pemilik perusahaan. Setiap orang dapat mempunyai saham sebanyak lebih dari 1 saham yang telah menjadi bukti kepemilikan perusahaan. Setiap pemilik saham memiliki tanggung jawab yang terbatas sesuai dengan saham yang dimilikinya. Jika perusahaan mempunyai hutang yang melebihi besarnya kekayaan perusahaan, maka kelebihan dari hutang tersebut tidak menjadi beban atau tanggung jawab dari pemilik saham. Apabila perusahaan memperoleh keuntungan, maka keuntungan itu dibagi sesuai ketentuan yang ada. Modal dari PT tak hanya didapat dari saham, tetapi juga didapat dari obligasi. Ini juga yang menjadi salah satu perbedaan CV dan PT.

CV dalam bahasa Belanda disebut commanditaire vennootschap atau persekutuan komanditer adalah sebuah perserikatan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang yang mempercayakan barang atau uang kepada seseorang atau lebih untuk memimpin suatu perusahaan. Dalam kemajuannya, bentuk CV terbagi beberapa jenis, yaitu:

1. CV murni
CV ini merupakan persekutuan yang pertama. Dalam persekutuan hanya mempunyai satu sekutu yang komplementar, sedangkan yang lainnya adalah sekutu komanditer.

2. CV campuran
Bentuk dari CV ini umumnya berasal dari firma, bilamana firma memerlukan tambahan modal. Sekutu dari firma tersebut menjadi sekutu yang komplementer, sedangkan lainnya adalah sekutu tambahan yang menjadi sekutu komanditer.

3. CV bersaham
Bentuk dari persekutuan ini mengeluarkan saham yang tak bisa diperjual belikan. Sekutu komanditer dan komplementer dapat mengambil satu atau beberapa saham. Tujuan dari pengeluaran saham ini untuk menghindari modal beku karena dalam perserikatan komanditer tidak gampang untuk menarik lagi modal yang terlanjur disetorkan.

Perbedaan CV dan PT sudah sangat jelas jika Anda cermati dari keterangan-keterangan yang kami tulis di atas. Pada intinya adalah PT merupakan sebuah perserikatan badan usaha besar, sedangkan CV adalah perserikatan badan usaha menengah. Selain dari pengertiannya, bisa kita lihat bahwa bentuk usaha dan sistem permodalannya juga sangat berbeda. Sekian informasi kami mengenai PT dan CV. Semoga artikel yang kami suguhkan ini bisa menambah wawasan pengetahuan. Terimakasih banyak.

Perbedaan CV dan PT Berdasarkan Pengertiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah