Sabtu, 20 Februari 2016

Perbedaan 3G dan 4G dalam Jaringan Internet

loading...

Perbedaan 3G dan 4G menjadi informasi yang perlu diketahui banyak orang. Anda mungkin pernah bahkan sering mendengar kata 3G atau 4G yang berkaitan dengan telepon seluler atau koneksi internet. Memang teknologi tersebut cukup pesat perkembangannya, sehingga manusia dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai aktivitas. Perlu Anda ketahui huruf ‘G’ merupakan singkatan dari kata Generasi. Jadi, 3G merupakan generasi ketiga, sedangkan 4G merupakan generasi keempat. Dalam arti, perkembangan teknologi wireless atau tanpa kabel sudah mencapai generasi keempat. 

perbedaan 3g dan 4g telkomsel,perbedaan fitur jaringan 3g dan 4g,3g 4g wikipedia,pengertian 3g dan 4g,teknologi 3g,sinyal 4g untuk android,perbedaan wap dan gprs,pengertian teknologi 3g,
Keunggulan utamanya tentu pada kecepatan dalam mengakses fitur secara wireless di udara. Misalnya, koneksi internet dengan jaringan 4G akan lebih cepat diakses dalam sebuah gadget tertentu, dibanding jaringan 3G. Dengan catatan, gadget tersebut memang sudah mengaplikasikan teknologi 4G di dalamnya. Jika belum ada piranti pendukungnya, sama saja belum bisa dikatakan 4G. Anda mungkin berpikir, jika ada 4G mungkin ada generasi sebelumnya. Memang benar, dimulai dengan generasi 1 atau 1G dengan kecepatan sekitar 14.4 kbbps. Dilanjutkan dengan generasi kedua atau 2G dengan kecepatan jaringan 20 – 40 kbbps. 

Generasi ketiga atau 3G yang sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakannya. 3G sendiri memiliki kecepatan 500 – 700 kbps. Selanjutnya, ada generasi keempat atau 4G dengan kecepatan hingga 1 gbps. Dengan kecepatan seperti itu, koneksi internet lebih cepat untuk berbagai kegiatan di dunia maya. Misalnya, saat mendownload sebuah film dengan ukuran file cukup besar, Anda bisa merampungkan unduhannya dalam waktu beberapa menit saja. Sangat hebat, bukan? Bahkan, sudah dikembangkan generasi kelima atau 5G yang pastinya memiliki kecepatan jaringan lebih cepat dari 4G. Diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan, teknologi berbasis 5G sudah marak di tengah masyarakat karena dapat diminati dengan mudah. Kita tunggu saja nanti.

Lalu, apa perbedaan 3G dan 4G? Jika itu pertanyaannya, di sini akan sedikit diuraikan untuk Anda ketahui informasinya. 

1. Generasi ketiga atau 3G pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001. Dalam perkembangannya, ditemukan teknologi Enchanged Data for Global Evolution (EDGE). Merupakan pengembangan teknologi jaringan wireless GSM yang memiliki kecepatan 3 kali dari GPRS. Dengan kecepatan tersebut, kita semua dapat mengakses internet lebih mudah. Misalnya, mengirim email, browsing, maupun download.

2. Selanjutnya, generasi ketiga juga terus berkembang. Ditemukan Universal Mobile Telecommunication Service (UMTS). Merupakan pengembangan dari teknologi EDGE dengan koneksi internet lebih cepat saat diakses. Perbedaannya, ada fasilitas video streaming, video conference, maupun video calling.

3. Generasi keempat atau 4G memilki kecepatan berkali-kali lipat dari 3G. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kecepatan jaringannya hingga 1 gbps saat di dalam rumah. Sementara saat di luar rumah atau dalam perjalanan hingga 100 mbps. 

Generasi keempat ini menjadi solusi banyak masalah dalam hal berkomunikasi. Itulah perbedaan 3G dan 4G yang bisa kami informasikan, dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Perbedaan 3G dan 4G dalam Jaringan Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah