Rabu, 24 Februari 2016

Pengetahuan Dasar Perbedaan Zakat dan Sedekah Dalam Islam

loading...

Zakat dan sedekah adalah amalan ibadah dalam Islam yang sama tapi tak serupa. Kedua amalan ini mempunyai perbedaan yang mendasar. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memaparkan tentang perbedaan zakat dan sedekah secara mendasar agar umat Islam mengerti dan paham antara kedua ibadah ini. Perbedaan yang akan dibahas di sini dalam segi pengertian karena pengertian merupakan hal yang sangat mendasar dalam zakat dan sedekah.

pengertian infaq,infaq adalah,pengertian infaq dan shodaqoh,contoh infaq,dalil infaq,infaq wajib,infak ne demek,infaq harta di jalan allah,
Pengertian Zakat
Dilihat dari pengertiannya, zakat mempunyai arti menyucikan maksudnya adalah menyucikan harta yang dimiliki. Dalam Islam, terdapat dua jenis zakat yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal merupakan zakat harta benda yang dimiliki, dimana tidak semua orang Islam wajib mengeluarkan zakat mal ini karena hanya orang yang mampu saja yang wajib mengeluarkan zakat mal ini. Tidak semua orang Islam yang terlihat kaya wajib mengeluarkan zakat mal karena ada kriteria tersendiri. Kriteria wajib yang harus dipenuhi untuk mengeluarkan zakat mal adalah nisab dan haul serta harta milik sendiri. Ketiganya harus dipenuhi. Jika salah satu saja tidak terpenuhi, maka seseorang tersebut tidak wajib untuk mengeluarkan zakat mal.

Sedangkan zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam berupa bahan pangan setiap selesai melakukan ibadah puasa Ramadhan. Zakat fitrah ini adalah zakat untuk menyucikan diri setelah berpuasa selama bulan Ramadhan. Dalam mengeluarkan zakat fitrah ini jumlahnya ditentukan sebanyak 2,5 kg atau 2,75 kg beras atau bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Sudah cukup jelas bukan tentang zakat? Tidak lengkap jika membahas perbedaan zakat dan sedekah tidak membahas mengenai pengertian sedekah.

Pengertian Sedekah
Pengertian sedekah secara umum yaitu mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan sesuai dengan ajaran dalam Islam. Sedekah ini bisa dilakukan oleh umat Islam siapa saja baik yang kaya maupun yang miskin. Cara bersedekah tidak harus berupa harta ataupun kekayaan yang dimiliki. Jika tidak ada harta yang bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan, bisa menyedekahkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan umat Islam. Doa yang baik kepada orang yang membutuhkan juga termasuk sedekah. Dalam hadis dan Al-Quran dijelaskan bahwa sedekah tidak hanya berupa harta saja tapi juga bisa berupa hal lainnya.

Perbedaan Antara Zakat dan Sedekah
Dilihat dari pengertian zakat dan sedekah serta penjelasan lainnya, sudah dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya zakat dan sedekah adalah dua hal yang berbeda baik dalam hal makna dan harta yang digunakan. Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam karena merupakan rukun Islam yang keempat. Sedangkan sedekah adalah ibadah yang mencakup banyak hal tidak hanya memberikan harta kepada yang membutuhkan saja, berdoa dan amalan lainnya yang dilakukan karena Allah dan dilandasi dengan niat yang ikhlas juga termasuk sedekah. Cukup jelas bukan, apa saja perbedaan zakat dan sedekah ini?

Pengetahuan Dasar Perbedaan Zakat dan Sedekah Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah