Minggu, 28 Februari 2016

Mengenali Perbedaan Flu dan Pilek Pada Anak

loading...

Perbedaan flu dan pilek pada anak sering kali tidak disadari oleh para orang tua. Kebanyakan orang tua menganggap flu dan pilek adalah penyakit yang sama. Mengenali perbedaan antara flu dan pilek ini sangat diperlukan oleh para orang tua karena dengan mengenali perbedaannya orang tua bisa memberikan pertolongan yang tepat untuk menyembuhkan flu atau pilek yang diderita oleh sang anak. Flu dan pilek memang penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang diserang virus pilek dan flu tidak sama, hal inilah yang menjadikan flu dan pilek adalah dua penyakit yang berbeda.

obat flu pilek tradisional,flu pilek berkepanjangan,gejala pilek,apa itu pilek,obat flu pilek paling ampuh,apa itu flu,obat flu pilek demam sakit kepala,pengertian pilek,
Perbedaan flu dan pilek ini bisa dilihat dari gejala dan juga dalam hal manifestasi klinis. Di lihat dari manifestasi klinis, flu dan pilek mempunyai perbedaan pada saluran pernafasan yang diserang oleh virus flu dan pilek. Virus pilek berkembang dan menginfeksi bagian nasofaring dan orofaring, sedangkan virus influenza atau flu menyerang bagian anatomis organ pernafasan termasuk pada paru-paru, bronkus, tenggorokan, pangkal tenggorokan, dan rongga hidung. Virus yang menyebabkan flu juga lebih banyak dibandingkan dengan virus penyebab pilek. Dari manifestasi klinis ini bisa terlihat bahwa terlihat jelas bahwa pilek dan flu sangat berbeda.

Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Pada Anak
Perbedaan flu dan pilek juga bisa dilihat dari gejala yang dialami oleh anak yang mengalami flu dan pilek. Ada beberapa gejala yang bisa membedakan anak terkena flu ataupun pilek biasa, berikut ini akan dijelaskan perbedaan gejala antara flu dan pilek:

1. Demam
Gejala flu selalu diiringi dengan suhu yang tinggi pada tubuh sang anak atau anak mengalami demam. Biasanya seorang anak yang mengalami gejala flu suhu tubuhnya bisa mencapai 38 derajat celcius. Sedangkan anak yang hanya terserang pilek biasa tidak disertai dengan demam yang tinggi pada tubuhnya.

2. Jenis batuk pilek
Flu dan pilek terkadang sering datang bersama dengan batuk tapi batuk pilek dan batuk flu mempunyai perbedaan. Batuk yang menyertai flu adalah batuk kering sedangkan batuk yang menyertai pilek adalah batuk berdahak.

3. Nyeri sendi
Pada saat mengalami flu ataupun pilek biasanya disertai dengan rasa sakit pada sendi. Jika anak mengalami flu maka nyeri yang dirasakan tidak akan terlalu sakit seperti pada saat mengalami pilek.

4. Ingus
Perbedaan lainnya dari flu dan pilek bisa dilihat dari ingus atau lendir hidungnya. Anak yang menderita flu tidak akan mengeluarkan lendir hidung hanya mengalami penyumbatan saja pada hidungnya. Sedangkan anak yang mengalami pilek akan mengeluarkan ingus dalam jumlah yang banyak dengan warna hijau atau kuning.

5. Merasa cepat lelah
Anak yang menderita pilek biasanya akan merasa cepat lelah dibandingkan jika anak yang hanya mengalami flu.

Jika dilihat gejala antara flu dan pilek terlihat hampir sama, namun begitu keduanya adalah dua jenis penyakit pernafasan yang berbeda. Virus yang menyebabkan flu dan pilek adalah virus yang berbeda, obat yang diberikan tentu saja berbeda. Mengenali perbedaan flu dan pilek ini memang harus diketahui oleh para orang tua agar tidak salah dalam memberikan obat pada anaknya yang mengalami flu ataupun pilek.

Mengenali Perbedaan Flu dan Pilek Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah