Senin, 29 Februari 2016

Mengenal Perbedaan Ragam Lisan dan Ragam Tulis

loading...

Ragam Lisan dan Ragam Tulis - Bahasa merupakan satu kesatuan yang kompleks dan digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Terkait dengan bahasa, disini akan dibahas mengenai perbedaan ragam lisan dan ragam tulis. Tanpa adanya bahasa, suatu bangsa tidak memiliki identitas dan tanpa bahasa maka setiap orang tidak bisa saling berkomunikasi. Contohnya bahasa melayu merupakan identitas negara Malaysia dan bahasa Indonesia merupakan identitas negara Indonesia serta negara lainnya dan sebagai penanda bahwa Anda adalah bangsa negara tersebut. Selain itu, bahasa pun berfungsi sebagai alat pemersatu, dimana kita bisa melihat bangsa kita yang terdiri dari beragam suku dengan bahasa berbeda-beda. Maka dengan bahasa Indonesia, rakyat Indonesia bisa bersatu sebagai bangsa Indonesia.

contoh bahasa lisan,ciri ragam bahasa ilmiah,bahasa baku dan tidak baku,ragam baku dan tidak baku,manfaat mempelajari bahasa indonesia,ciri ciri ragam bahasa resmi,bahasa berdasarkan situasi,
Dalam bahasa terdapat ragam tulis dan lisan. Sebenarnya pada dasarnya, ragam lisan dimiliki oleh semua masyarakat bahasa sedangkan ragam lisan yang telah tercipta tidak harus dimiliki masyarakat tersebut karena tanpa tulisan pun masyarakat bisa berbahasa. Pada dasarnya terdapat dua perbedaan antara ragam lisan dan tulis. Kedua berbeda tapi saling terkait karena di zaman sekarang ini, dimana kita dituntut untuk bisa berbahasa lisan dan tulis dengan baik dan benar. Adapun perbedaannya, antara lain:

1. Terkait dengan peristiwanya
Penggunaan ragam tulis tidak harus mempertemukan orang yang sedang berkomunikasi bertatap muka secara langsung. Misalnya berkirim surat, pesan via SMS, elektronik mail, ataupun social media. Namun karena hal tersebut, dalam ragam tulis penggunaannya harus cermat dan rinci. Penggunaan subjek, predikat, objek harus jelas sehingga tidak menimbulkan kata atau kalimat ambigu yang membuat mutitafsir. Perbedaan ragam lisan dan ragam tulis ini sungguh mencolok. Ketika Anda menggunakan ragam lisan, peristiwanya berbeda. Kebanyakan kondisi, ragam lisan digunakan ketika Anda berhadapan meski sekarang ini ada perantara berupa telepon dan sebagainya. Selain itu, dalam menggunakan ragam bahasa lisan, Anda memiliki daya dukung lain untuk menunjukkan maksud pembicaraan dengan gesture, ekspresi dan mimik wajah sehingga pesan lebih mudah tersampaikan.

2. Ragam bahasa tulis tidak mengenal unsur dalam ragam bahasa lisan
Yang dimaksud unsur dalam bahasa lisan yaitu intonasi (tinggi rendahnya suara), artikulasi, gesture. Hal-hal tersebut tidak termuat dalam ragam bahasa tulis. Dalam bahasa tulis hanya ada ejaan, diksi, makna kata dan lain-lain. Unsur seperti tinggi rendahnya suara untuk menegaskan suatu emosi tidak ada. Misalnya ketika seseorang marah maka nada yang dikeluarkan cenderung tinggi, atau orang yang sedang sedih nada yang dikeluarkan cenderung rendah. Selain itu, dalam ragam bahasa lisan juga tercermin sikat, gesture yang mendukung pesan yang akan disampaikan kepada orang lain. Misalnya, seseorang yang sedang ketakutan meski ia hanya berbicara sedikit tapi dari mimik wajah, gesture dan segenap bahasa tubuhnya terlihat bahwa ia sedang ketakutan.

Cara Anda berbahasa mencerminkan kepribadian Anda, baik dalam ragam bahasa lisan atau tulisan. Yang terpenting berusahalah berbahasa yang baik dan benar supaya orang lain menilai Anda sebagai orang baik. Bahasa Anda pun mencerminkan tingkat intelektualitas Anda. Maka jika Anda seorang terpelajar, terdidik gunakan bahasa yang baik dan benar. Demikian ulasan mengenai perbedaan ragam lisan dan ragam tulis, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Mengenal Perbedaan Ragam Lisan dan Ragam Tulis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah