Sabtu, 20 Februari 2016

Memahami perbedaan LAN MAN WAN dalam Jaringan Komputer

loading...

Mungkin bagi para ahli teknologi sudah tidak asing lagi dengan perbedaan LAN MAN WAN, tapi bagi Anda para pemula yang masih baru belajar mungkin masih agak asing dengan istilah-istilah ini. Walaupun demikian, tentu saja ketiga istilah ini yaitu LAN, MAN, dan WAN sudah pernah di dengar oleh telinga Anda bukan? Jika dilihat secara sekilas ketiga istilah ini memang hampir sama, tapi tentu saja mempunyai makna yang berbeda. Dalam dunia komunikasi ketiga istilah ini merupakan istilah yang sangat penting dalam perkembangan jaringan komputer saat ini.

pengertian jaringan lan man wan,node pada jaringan komputer,jaringan wan,pengertian lan man wan beserta gambarnya,contoh lan,man adalah,keunggulan dan kelemahan kabel serat optik,
Pengertian LAN dan Fungsinya
LAN, MAN, dan WAN sebenarnya sama, yaitu istilah untuk menyebutkan sebuah jaringan dalam suatu wilayah. Sebelum membahas perbedaan LAN MAN WAN secara detail, sebaiknya pahami terlebih dahulu arti dari LAN, MAN, dan WAN ini satu persatu. Dimulai dari LAN, LAN merupakan singkatan dari Lokal Area Network yang merupakan sebuah jaringan komputer dalam wilayah tertentu saja yang sangat sempit. Fungsi dari jaringan LAN ini adalah untuk menghubungkan banyak komputer dalam sebuah area yang kecil. Cakupan dari jaringan LAN ini hanya kecil seperti pada area kampus, kantor, sekolah, kafe, dan tempat lainnya. Jaringan LAN ini biasanya terhubung dengan menggunakan WIFI. Dalam LAN salah satu komputer akan menjadi server dan yang lainnya menjadi client.

Pengertian MAN dan Fungsinya
Untuk mengetahui perbedaan LAN MAN WAN juga harus mengetahui pengertian MAN dan fungsinya. MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network. Man dan LAN sama, yaitu menghubungkan banyak komputer yang ada. Hanya saja MAN jangkauannya lebih luas lagi dan bisa mencakup seluruh negara. Contoh dari jaringan MAN ini adalah jaringan yang digunakan dalam sistem perbankan Online. Gabungan-gabungan LAN yang terbentuk dalam sebuah kantor akan membentuk jaringan MAN yang terpusat pada satu server. Contoh lain dari jaringan MAN adalah jaringan TV kabel ataupun gelombang dari radio.

Pengertian WAN dan Fungsinya
Bagaimana sudah mulai paham dengan jaringan LAN dan MAN? Saatnya membahas jaringan WAN atau World Area Network. Jaringan ini merupakan sebuah jaringan yang memungkinkan untuk menghubungkan komuter di seluruh dunia. Salah satu contoh jaringan WAN adalah internet dan berbagai sistem jaringan kartu kredit yang sudah tersebar di seluruh dunia. Dengan adanya jaringan WAN ini membuat para karyawan sebuah perusahaan besar sekalipun masih tetap bisa berkomunikasi baik dengan perusahaan pusat sekalipun ada di luar negeri.

Perbedaan LAN, MAN, dan WAN dalam dunia jaringan
Dari paparan-paparan yang sudah dijelaskan mengenai LAN, MAN, dan WAN, tentu Anda sudah jelas apa perbedaan dari ketiga jaringan ini. Perbedaan inti dari ketiga jaringan ini adalah dalam hal batasan wilayah jaringan komputer yang terbentuk. LAN merupakan jaringan terkecil dalam sebuah sistem jaringan karena masuk dalam lingkup lokal saja, dimana kumpulan dari LAN jika dihubungkan akan menjadi MAN. Di sini terlihat perbedaannya, LAN hanya bersifat lokal sedangkan MAN bersifat nasional. Ada lagi WAN, WAN ini merupakan jaringan komputer paling luas karena mencakup seluruh jaringan komputer yang ada d i dunia. Sudah jelas bukan apa perbedaan LAN MAN WAN ini?

Memahami perbedaan LAN MAN WAN dalam Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah