Senin, 29 Februari 2016

Memahami Dengan Jelas Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

loading...

Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi - Di dalam istilah kesehatan, kita sering mendengar istilah vaksinasi dan imunisasi. Mungkin Anda sendiri pernah melakukan salah satu atau keduanya. Keduanya merupakan suatu perilaku medis yang berhubungan dengan kekebalan, meskipun begitu terdapat perbedaan vaksinasi dan imunisasi. Seringkali orang awam salah kaprah dalam mengartikan keduanya, bahwa vaksinasi sama dengan imunisasi. Padahal kenyataannya berbeda, karena apa yang dimasukkan ke dalam tubuh juga berbeda.
vaksinasi adalah pdf,perbedaan kekebalan aktif dan pasif,ciri ciri pertumbuhan pada tumbuhan,perbedaan imunisasi,tujuan vaksinasi,arti istilah opname,pengertian imunisasi,contoh vaksin,

Lalu jika demikian, apa yang membedakan antara vaksinasi dan imunisasi? Di sini akan diuraikan mengenai pengertian dari masing-masing agar Anda dan para pembaca dapat memahami istilah keduanya. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin berupa kuman atau bakteri yang telah mati maupun kuman atau bakteri yang masih hidup tetapi sudah lemah, dengan tujuan untuk mendapatkan kekebalan tubuh menyangkut penyakit tertentu. Di dalam ilmu kedokteran sudah banyak dikembangkan vaksin, termasuk di Indonesia sendiri, seperti vaksin tetanus, polio, pertusis, dan rubella. 

Jika sudah diberi vaksinasi maka seseorang tersebut akan memperoleh perlindungan mengenai penyakit secara aman. Terkadang ada orang yang takut diberi vaksin karena harus berhubungan dengan jarum suntik dan sedikit sakit. Tetapi kondisi akan lebih buruk lagi jika vaksin itu tidak diberikan, karena tidak semua penyakit dapat ditangani oleh tubuh secara alami. Dalam artian bahwa tubuh memang mempunyai kemampuan dan sistem kekebalan alami yang mampu menangkal penyakit tanpa diberikan obat, tetapi untuk beberapa penyakit tertentu kita masih tetap memerlukan bantuan dari luar berupa vaksin dan obat. Itulah tujuan vaksin diciptakan.

Jika Anda sudah memahami tentang vaksin, lalu saatnya kita membahas mengenai apa itu imunisasi agar dapat dipahami dengan jelas perbedaan vaksinasi dan imunisasi. Imunisasi secara umum memiliki pengertian menjadikan seseorang kebal terhadap sesuatu. Jika vaksin merupakan bakteri yang telah dilemahkan lalu dimasukkan ke dalam tubuh untuk menangkal penyakit tertentu, maka imunisasi merupakan kekebalan tubuh itu sendiri. Sebenarnya vaksinasi adalah salah satu bagian dari imunisasi, sedangkan imunisasi bukan berarti vaksinasi. Imunisasi memiliki pengertian yang lebih umum menyangkut kekebalan tubuh. Imunisasi mempunyai fungsi atau tujuan memberikan rangsangan terhadap sistem imun tubuh agar membentuk antibodi tertentu untuk dapat melindungi diri dari penyakit. 

Imunisasi menjadi cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara aktif pada antigen tertentu, sehingga jika suatu saat tubuh seseorang terkena antigen tersebut maka tidak akan terkena penyakit. Sewaktu anak-anak masih bayi kekebalan tubuh didapatkan dari pemberian Air Susu Ibu (ASI) lalu jika sudah cukup umur tertentu dan sudah tidak diwajibkan pemberian ASI, maka bayi diiumunisasi. Jadi, sudah cukup jelas bukan perbedaan vaksinasi dan imunisasi? Lalu persamaan, dari keduanya yaitu menjaga kesehatan seseorang dan masyarakat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Dengan hal ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kualitas kesehatannya sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Memahami Dengan Jelas Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah