Senin, 29 Februari 2016

Manfaat dan Perbedaan Temulawak dan Kunyit, Rempah Asli Indonesia

loading...

Temulawak dan kunyit merupakan dua rempah asli Indonesia yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Kedua rempah ini terlihat serupa tapi sebenarnya tak sama, perbedaan temulawak dan kunyit memang tidak terlalu terlihat dengan jelas tapi jika diperhatikan secara seksama keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar. Perbedaan antara temulawak dan kunyit ini bisa dilihat dari umbi keduanya dan manfaat dari kedua rempah ini.

khasiat kunyit putih bagi wanita,manfaat temulawak dan kunyit bagi kesehatan,dicampur kunyit,dengan kunyit,untuk lambung,berkhasiat menekan kencing manis,perbedaan kunyit putih,kumpulan,
Perbedaan temulawak dan kunyit bisa dilihat dari bentuk rimpangnya dan rasa dari umbinya. Rimpang temulawak lebih besar-besar seperti bentuk rimpang pada lengkuas, hanya saja tekstur dari temulawak ini lebih empuk dibandingkan dengan rimpang lengkuas. Sedangkan bentuk rimpang atau umbi pada kunyit lebih kecil dibandingkan dengan umbi pada temulawak. Tekstur dari kunyit ini tidak terlalu keras seperti umbi pada temulawak. Jika umbi temulawak dan umbi kunyit dibuka, maka warnanya akan lebih cerah warna kunyit dibandingkan warna pada temulawak tapi rasa dari temulawak lebih pahit dibandingkan dengan rasa kunyit. Selain itu, jenis kunyit juga terdapat dua jenis yaitu kunyit biasa dan kunyit putih.

Manfaat Temulawak dan Kunyit untuk Kesehatan
Seperti yang sebelumnya dijelaskan, perbedaan temulawak dan kunyit juga bisa dilihat dengan manfaat dari keduanya. Untuk bisa membedakan temulawak dan kunyit akan dijelaskan manfaat dari temulawak dan kunyit secara terpisah. Berikut ini manfaat dari temulawak untuk kesehatan tubuh:

1. Obat sakit gigi
Manfaat pertama dari temulawak adalah bisa mengobati gigi yang sakit. Kandungan dalam temulawak ini bisa meredakan rasa nyeri pada gigi yang berlubang ataupun gusi yang bengkak.

2. Obat penyakit hati
Penyakit hati yang bisa disembuhkan dengan menggunakan temulawak adalah penyakit hepatitis. Ramuan temulawak ini sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit hepatitis.

3. Mengatasi asma
Bagi Anda yang mempunyai penyakit asma juga bisa memanfaatkan temulawak untuk mengobatinya. Kandungan yang ada di dalam temulawak ini bisa memberikan rasa lega pada pernafasan.

4. Mengatasi mual
Bagi ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari bisa memanfaatkan temulawak untuk mengatasi rasa mual yang terjadi.

Sedangkan manfaat dari kunyit di antaranya yaitu:

1. Anti peradangan
Kandungan dalam kunyit sangat efektif untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat tumor ataupun lainnya. Dalam kunyit mengandung antioksidan yang cukup banyak sehingga bisa mencegah peradangan dan mengatasinya. Selain itu, kunyit juga bisa menjadi penangkal radikal bebas.

2. Mencegah alzaimer
Alzaimer merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa melumpuhkan kerja otak. Dengan mengonsumsi ramuan kunyit secara rutin bisa mencegah penyakit ini.

3. Mencegah depresi
Depresi bisa dicegah dengan mengonsumsi ramuan kunyit dan menghirup aroma kunyit. Dalam kunyit mengandung zat penenang yang sangat efektif untuk mengatasi dan mencegah depresi.

Terlihat dengan jelas bahwa temulawak dan kunyit mempunyai perbedaan dalam bentuk umbinya dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak dipungkiri memang keduanya dari genus curcuma sehingga ada beberapa kandungan zat yang sama dalam keduanya. Kandungan zat ini juga membuat kedua jenis umbi ini mempunyai beberapa manfaat yang sama. Walaupun demikian, tetap saja perbedaan temulawak dan kunyit masih bisa terlihat dengan jelas.

Manfaat dan Perbedaan Temulawak dan Kunyit, Rempah Asli Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah