Sabtu, 20 Februari 2016

Intip Perbedaan DSLR dan SLR Sebelum Anda Membelinya

loading...

Perbedaan DSLR dan SLR dapat Anda ketahui informasinya di sini. Jika berbicara mengenai DSLR atau SLR tentu tidak bisa lepas dengan bidang fotografi. Memang benar, keduanya merupakan jenis kamera yang fungsinya untuk mengambil dan mengabadikan gambar yang dibidik. Fungsi tersebut sama-sama dipegang oleh keduanya. Sementara untuk perbedaannya, berkaitan dengan perkembangan teknologi di bidang fotografi yang menyesuaikan juga dengan perkembangan zaman. Pasalnya, perkembangan teknologi yang serba digital dan komputerisasi berimbas juga pada penemuan kamera digital di bidang fotografi. Sekarang, lebih banyak orang memiliki kamera digital daripada kamera analog. 

enis jenis kamera dslr,jenis kamera dan fungsinya,jenis jenis lensa,alat bantu fotografi,jenis kamera gopro,kamera superzoom,alat penyangga kamera,jenis jenis kamera video,

Penggunaan dari kamera digital lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan kamera analog yang cukup rumit pengaturan fungsinya. Lagipula, cetak fotonya juga berbeda karena penyimpanan jepretan gambarnya juga dilakukan di dalam media yang berbeda. Dengan semua kelebihan dari kamera digital tersebut, tidak heran banyak orang yang memilih dan memilikinya.

Lalu, apa perbedaan DSLR dan SLR dari sebuah kamera yang perlu diketahui? Berikut penjelasannya untuk Anda sekalian.

DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Felex. Sebuah kamera dengan sistem digital sepenuhnya, dimana cahaya yang masuk di capture oleh objek foto yang diperoleh dari sensor gambar. Proses selanjutnya, yaitu menyimpan dalam ruangan penyimpanan yang disebut memory card. Sementara itu, SLR merupakan singkatan dari Single Flex Reflextion. Jenis kamera ini menggunakan jalur tunggal untuk melewatkan cahaya ke dua tempat, yaitu foacal plane dan view finder. Seorang fotografer yang menggunakan kamera jenis ini bisa melihat objek persis seperti aslinya.

Seperti yang telah disebutkan diatas, kamera DSLR menyimpan semua jepretan gambar ke dalam memory card. Sementara itu, kamera SLR media penyimpanannya masih analog atau film 35 mm. Pada tahun 1990-an, masih banyak fotografer menggunakan jenis kamera SLR, baik yang profesional maupun amatir. Memasuki tahun 2000-an, mereka berganti haluan dengan memakai kamera DSLR atau digital karena berbagai kemudahan dan kepraktisan yang dihadirkan oleh jenis kamera yang satu ini.

Pengolahan foto untuk dicetak juga berbeda karena media penyimpanannya juga berlainan. Kamera DSLR yang memiliki memory card dapat diolah dan dicetak fotonya secara komputerisasi. Bahkan, foto hasil jepretan dapat diedit sedemikian rupa hingga terlihat lebih bagus kualitasnya, sebelum dicetak di atas kertas film. Kualitas cetakannya juga lebih hebat karena dapat memakai teknologi printer laserjet yang lebih cepat dan tajam gambarnya. Sementara itu, foto hasil jepretan kamera SLR dapat dicetak dengan proses larutan kimiawi untuk bisa dicetak dalam lembaran kertas foto. Prosesnya lebih rumit dan memakan waktu cukup lama.

Dengan kelebihan dan kekurangan dari dua jenis kamera tersebut, harganya juga berbeda. Kamera DSLR dibandrol dengan harga lebih mahal daripada kamera SLR. Demikian informasi tentang perbedaan DSLR dan SLR.

Intip Perbedaan DSLR dan SLR Sebelum Anda Membelinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah