Sabtu, 20 Februari 2016

Inilah Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon Buah yang Kaya Manfaat

loading...

Perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon menjadi informasi yang menarik untuk disimak. Keduanya memakai nama jeruk karena memang berasal dari jenis buah jeruk. Namun, jenisnya yang berbeda sehingga buahnya pun juga berlainan karakteristiknya. Seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis dan jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan tercukupi vitamin C, tubuh Anda sekalian akan jarang terserang penyakit karena kekebalan tubuh atau diistilahkan imunitas semakin besar untuk menghalau bibit-bibit penyakit yang datang. Manfaat untuk kesehatan tubuh itulah yang membuat banyak orang untuk mengkonsumsi kedua jenis jeruk tersebut. Biasanya, jeruk nipis maupun jeruk lemon dibuat minuman hangat saat tubuh seseorang sedang diserang penyakit flu, pilek, atau batuk. Rasanya begitu asam atau kecut sehingga perlu ditambahkan gula secukupnya.

jeruk lemon untuk diet,perbedaan lemon dan jeruk nipis untuk diet,harga jeruk lemon,budidaya jeruk lemon,lemon dan manfaatnya,jeruk lemon untuk wajah,diet jeruk nipis 21 hari,manfaat jeruk nipis,
Selain untuk menjaga kesehatan tubuh ataupun menangkal bibit penyakit, jeruk nipis dan jeruk lemon dapat dijadikan bahan pelengkap dalam membuat makanan tertentu. Misalnya, saat menyantap soto ayam, beberapa orang menambahkan perasan jeruk nipis secukupnya agar kuahnya terasa asam dan segar. Lalu, apa perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon yang lain? Ketahui perbedaannya dibawah ini.

1. Kulit
Perbedaan yang pertama pada warna kulitnya. Kulit jeruk nipis berwarna hijau tua, sementara jeruk lemon berwarna kuning cerah.

2. Berbeda spesies
Perbedaan berikutnya, jeruk nipis termasuk ke dalam spesies Aurantifolia. Sementara itu, jeruk lemon masuk ke dalam genus dan spesies jeruk limon.

3. Asalnya
Jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sementara itu, jeruk lemon berasal dari negara India, Italia selatan, Irak, Mesir, dan Cina.

4. Tinggi pohon
Perbedaan selanjutnya, pohon jeruk nipis memiliki pohon dengan tinggi sekitar 6 – 13 meter. Sementara pohon lemon, tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter.

5. Jumlah varietas
Ada sekitar 7 varietas dari jeruk nipis. Sementara untuk jeruk lemon, lebih banyak lagi yaitu sekitar 20 varietas.

6. Khasiat
Dilihat dari khasiatnya, jeruk nipis memiliki bahan atau zat pendingin. Sementara itu, jeruk lemon berkhasiat untuk aromatik, anti inflamasi, dan diuretik.

Sementara terkait harganya, jeruk nipis lebih murah jika dibandingkan dengan jeruk lemon. Anda bisa mendapatkan 1 buah jeruk nipis dengan harga Rp 500 – Rp 1000, tergantung dari besar kecilnya. Harga jeruk melon bisa mencapai Rp 4000 – Rp 5000 juga tergantung dari ukurannya. Salah satu penyebabnya, yaitu jeruk nipis merupakan bah lokal yang bisa ditanam di tanah Indonesia. Berbeda dengan jeruk lemon yang sebagian besar merupakan buah impor dari negara lain. Oleh karena itu, harga jeruk lemon lebih mahal. Biasanya, jeruk lemon dipakai sebagai bahan pembuatan kuliner bercitarasa Western atau Eropa. Setelah membaca uraian di atas, sekarang Anda sekalian bisa mengetahui perbedaan jeruk nipis dan jeruk lemon.

Inilah Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon Buah yang Kaya Manfaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah