Rabu, 04 Januari 2017

Inilah Perbedaan 4G dan LTE Yang Perlu Anda Tahu

loading...

Perbedaan 4G dan LTE salah satunya bisa dilihat dari kecepatan downloadnya. Sebelum mengurai lebih jauh mengenai perbedaan dua teknologi terbarukan tersebut, kita akan mengenal tentang 4G terlebih dahulu. Fourth-generation technology atau yang lebih dikenal dengan nama 4G merupakan standar generasi ke-4 dari teknologi pada telepon seluler. 4G adalah pengembangan dari teknologi yang telah digunakan sebelumnya, yakni teknologi 3G dan juga 2G. Sistem 4G memiliki kemampuan untuk menyediakan jaringan dengan pita lebar ultra, di mana teknologi ini bisa digunakan pada berbagai macam peralatan elektronik berbasis media komunikasi, seperti halnya smartphone dan juga PC.

perbedaan 3g dan 4g lte,sinyal 4g telkomsel,perbedaan hsdpa dan hspa,perbedaan wap dengan gprs,kecepatan 4g,teknologi 3g,sinyal h+,perbedaan 3g dan hsdpa,
Sedangkan LTE yang sebenarnya adalah teknologi 3GPP Long Term Evolution merupakan standar komunikasi nirkabel yang menggunakan basis jaringan GSM/EDGE, dan juga UMTS/HSDPA. Teknologi ini digunakan untuk mengakses data dengan kecepatan tinggi pada telepon seluler ataupun perangkat mobile yang lainnya. LTE sendiri mengklaim mampu menawarkan kecepatan download hingga 300 Mbps. Teknologi LTE ini memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari teknologi 2G ataupun 3G. Oleh karena itu, masyarakat banyak berharap pada kemampuan LTE untuk mendapatkan kecepatan akses download yang maksimal. Meskipun pada kenyataannya, kecepatan download LTE masih jauh dari apa yang ditawarkan.

Sesuai dengan persyaratan International Telecomunication Union-Radio (ITU-R), sebuah badan yang mengurusi tentang jaringan telekomunikasi internasional, teknologi 4G haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu persyaratan tersebut adalah aturan mengenai kecepatan download pada perangkat mobile yang sedang dalam posisi bergerak (misalnya mendownload menggunakan smartphone dalam mobil yang melaju), yaitu minimal mencapai 100Mb/detik. Sedangkan kecepatan download pada perangkat mobile dalam kondisi diam (misalnya mendownload dengan menggunakan smartphone dalam kondisi duduk), minimal kecepatannya adalah 1GB/detik.

Meskipun kecepatan download pada telepon seluler ataupun perangkat mobile lainnya tidak mampu mencapai kecepatan standar 4G, namun ITU-R tetap menempatkan LTE sebagai teknologi 4G. Karena jika dibandingkan dengan teknologi 3G, LTE teknologinya jauh lebih bagus dengan berbagai pembaruan yang dilakukan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa LTE sering disebut pula dengan 4G LTE. Meskipun begitu, kecepatan download LTE yang masih di bawah kecepatan download 4G pada prakteknya di lapangan menjadi salah satu bentuk perbedaan 4G dan LTE.

Dari pembahasan di atas, bisa kita lihat bahwa meskipun menggunakan istilah 4G LTE. Namun teknologi LTE masih jauh dari harapan untuk mewujudkan kecepatan akses sesuai dengan kriteria yang ditetapkan ITU-R untuk teknologi 4G. Inilah juga yang menjadi alasan dibalik pengembangan teknologi yang lebih canggih, yaitu LTE-Advance. Harapannya, teknologi terbaru ini benar-benar bisa memenuhi harapan masyarakat untuk menikmati kecepatan akses yang benar-benar sesuai dengan teknologi 4G atau yang lebih dikenal dengan “true 4G”. Demikianlah uraian tentang perbedaan 4G dan LTE dan aplikasinya di lapangan. Semoga bermanfaat.

Inilah Perbedaan 4G dan LTE Yang Perlu Anda Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah