Senin, 29 Februari 2016

Inilah Perbedaan 4G dan 3G Yang Perlu Anda Ketahui

loading...

Perbedaan 4G dan 3G akan kami ulas dengan tuntas melalui artikel yang kami tulis ini. Semakin berkembangnya teknologi, khususnya pada jaringan internet umumnya tak bisa lepas dari jaringan 3G dan 4G. Teknologi jaringan 3G sekarang ini menjadi primadona karena merupakan jaringan koneksi terbaik di dunia ketika Anda sedang mengoperasikan internet melalui smartphone. 

pengertian 1g 2g 3g 4g 5g,teknologi yang digunakan 4g,nama lain teknologi seluler 3g yaitu,arithometer ditemukan pada tahun,pada teknologi 4g ip,perbedaan 2g dan 3g pada android,serta penerapannya,
Perbedaan dari keduanya memiliki keterkaitan yang sangat dekat, dimana pada jaringan 3G merupakan jaringan generasi ketiga yang menjadi evolusi industri ponsel biasa menuju ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu smartphone. Sedangkan 4G adalah jaringan generasi keempat yang saat ini sedang dikembangkan sebagai penerus dari saudara tuanya, yaitu 3G. Dibawah ini telah kami tuliskan beberapa perbedaan dari kedua jaringan tersebut.

Berikut akan kami bahas mengenai perbedaan 4G dan 3G dalam hal penggunaan. Mengenai penggunaannya, saat ini teknologi dengan jaringan 3G masih sangat ramai digunakan oleh banyak orang dibandingkan dengan 4G, khususnya di wilayah Indonesia. Hal ini disebabkan karena pengembangan jaringan 4G di negara kita ini masih belum maksimal. Bahkan jaringan 4G masih sangat sukar dicari. Hal seperti inilah yang menyebabkan kebanyakan orang enggan beralih ke 4G. 

Sebenarnya perbedaan yang paling mencolok adalah letak keberadaan yang sesuai dari teknologi itu sendiri. Ada beberapa teknologi dibawah 3G, misalnya saja EV-DO, HSPA, dan WCDMA. Banyak perusahaan dengan strategi pemasaran mereka mengatakan bahwa produk mereka sudah berteknologi 4G, seperti UMB, WiMax, dan LTE, tetapi tak ada satu pun yang memenuhi standar persyaratan spesifikasi 4G. Teknologi seperti inilah yang dinamakan 3,9 atau Pre-4G. 

Perbedaan 4G dan 3G mengenai kecepatan bisa kita lihat sebagai berikut. Jika kita mengamati dari kata 3G dan 4G, maka yang terlintas di pikiran Anda mungkin 4G lebih cepat dan canggih dibanding saudara tuanya, 3G. Kecepatan maksimal yang diperoleh dari 3G pada umumnya sebesar sekitar 14Mbps dengan kecepatan uplink dan downlink sebesar 5,8Mbps. Untuk memenuhi persyaratan sebagai teknologi jaringan 4G, kecepatan sebesar 100Mbps harus diperoleh bagi pengguna mobile serta 1Gbps bagi pengguna stasioner. Dengan kecepatan sebesar itu, sejauh ini hanya mampu dilakukan menggunakan kabel LAN.

Perbedaan 4G dan 3G juga bisa kita amati terkait dengan paket switching. Pada teknologi 3G merupakan perpaduan dari jaringan paket switching dan sirkuit, sedangkan untuk teknologi 4G hanya jaringan paket switching tanpa sirkuit. Evolusi lain dalam 4G adalah tanpa menggunakan switching power. Pada 3G masih menggunakan packet switching dan circuit witching, serta hibrida. Circuit switching adalah teknologi yang telah lama digunakan dalam sistem telepon.

Perbedaan 4G dan 3G diatas merupakan perbedaan yang sangat mencolok dan jika digunakan pastinya jaringan pada 4G lebih mantap dan memuaskan. Tetapi pada fakta yang ada lebih banyak orang yang lebih menggandrungi 3G daripada 4G. Mungkin hal ini memang 3G sudah mendukung untuk dijalankan di wilayah kita ini, sedangkan untuk 4G masih dalam tahap pengembangan dan belum terlalu sempurna. Sekian ulasan dari kami dan terimakasih telah membaca ulasan kami.

Inilah Perbedaan 4G dan 3G Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah