Kamis, 04 Februari 2016

Inilah Pengertian Serta Perbedaan Internet dan Intranet

loading...

Perbedaan internet dan intranet sampai saat ini masih banyak yang tidak mengetahuinya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang masih kurang paham mengenai perbedaannya, simak uraian berikut. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah internet, istilah yang satu ini sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mendengar istilahnya saja, tentunya sebagian besar manusia saat ini sudah banyak yang menggunakan internet. Hadirnya internet dalam kehidupan manusia memang memberikan dampak yang sangat besar. Terlebih lagi semenjak didukung dengan hadirnya teknologi-teknologi terbaru.

pengertian ekstranet,pengertian intranet dan internet,persamaan internet dan intranet,kegunaan internet dan intranet,sejarah intranet,sejarah internet dan intranet,manfaat internet dan intranet,
Pengertian Internet dan Intranet
Penggunaan internet tidak hanya pada golongan tertentu saja, hampir semua golongan menggunakan internet untuk berbagai keperluan. Namun selain istilah internet, istilah lain yang memiliki pengertian sama dengan internet adalah intranet. Baik internet atau intranet, keduanya sama-sama digunakan untuk menghubungkan komputer dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian internet dan intranet yang dapat Anda ketahui:

- Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung, antara satu dengan yang lain menggunakan TCP/IP. TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Dengan adanya jaringan komputer ini, pengguna dapat berkomunikasi, berinteraksi dan juga saling bertukar informasi. 

- Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IP yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam lingkungan lokal. Intranet dapat disebut sebagai jaringan LAN, jangkauannya lebih kecil dibandingkan dengan internet. Jaringan ini biasanya digunakan pada perkantoran, instansi, sekolah dan lain sebagainya.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet
Untuk perbedaan internet dan intranet akan dirangkum secara singkat pada ulasan berikut:

1. Jangkauan
Seperti yang sudah disebutkan, intranet memiliki jangkauan yang lebih kecil dan sangat terbatas. Sementara internet memiliki jangkauan yang sangat luas dan bahkan cepat, menjangkau seluruh dunia. Intranet adalah jaringan lokal saja, jangkauannya sempit dan beberapa ada yang lambat.

2. Perkembangan
Perkembangan internet jauh lebih pesat dibandingkan perkembangan intranet. 

3. Penggunaan
Internet dapat digunakan oleh siapa saja asalkan memiliki perangkat dan sinyal yang mendukung. Sementara intranet hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang ada pada lingkungan intranet itu sendiri. Contohnya saja intranet pada sekolah, hanya guru, staf, murid dan orang-orang tertentu yang ada pada sekolah tersebut yang dapat menggunakannya. Sementara internet dapat digunakan oleh siapa saja di seluruh dunia.

Itulah 3 perbedaan yang paling mendasar dari internet dan intranet, keduanya memiliki pengertian yang sama. Namun untuk penggunaan, perkembangan dan jangkauannya sangatlah berbeda. Jika Anda mendengar mengenai intranet, pastikan Anda tidak bingung untuk membedakannya dengan internet. Jika Anda menggunakan jaringan komputer yang sangat terbatas jangkauannya, sudah pasti itu adalah intranet. Begitu juga sebaliknya, jaringan yang jangkauannya luas adalah internet. Jangan sampai bingung hanya karena sebutan keduanya hampir mirip. Sekian penjelasan mengenai perbedaan internet dan intranet, semoga dapat bermanfaat.

Inilah Pengertian Serta Perbedaan Internet dan Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah