Sabtu, 13 Februari 2016

Inilah 3 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

loading...

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina memang tidak mudah untuk melihatnya bagi para pemula. Namun, bagi mereka yang sudah lama bermain cucak ijo sangat mudah untuk membedakannya. Cucak ijo merupakan salah satu spesies burung yang saat ini sedang populer. Bukan saja bagi para pecinta burung, bahkan masyarakat umum saat ini juga ikut tertarik untuk memelihara burung cucak ijo ini. Warna hijaunya yang begitu cantik membuat banyak pecinta burung jatuh hati. Selain itu, kicaunya yang sangat merdu menambah kepopuleran burung cantik ini. Kepopuleran burung ini saat ini terus merangkak naik, menggantikan beberapa spesies burung lainnya yang beberapa waktu terakhir menempati posisi teratas di pasar burung.

cara membedakan cucak ijo jantan dan betina,membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda,perbedaan anis merah,kacer jantan dan betina,murai batu,suara cucak ijo,umur 3 bulan,
Bagi Anda yang ingin membedakan spesies jantan dan betina dari cucak ijo, berikut kami sampaikan tiga perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang cukup mudah diamati. 

1. Bagian mata
Cucak ijo jantan dan betina sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok di bagian mata. Hanya dengan melihat bagian lingkar mata dari burung ini, maka Anda bisa membedakan mana spesies jantan dan mana spesies betina. Apabila sudah cukup dewasa, cucak ijo jantan akan mempunyai lingkar mata berwarna kuning yang cukup jelas. Sedangkan untuk betinanya, bagian lingkar matanya berwarna putih. 

2. Bagian paruh
Perbedaan cucak ijo jantan dan betina di bagian paruh ini juga terlihat dengan jelas apabila usia burung tersebut sudah dewasa. Bagian paruh bawah cucak ijo jantan akan berwarna coklat gelap sampai hitam. Sedangkan pada betinanya, bagian paruh bawah ini akan berwarna putih. Dengan memperhatikan bagian paruh ini, Anda sudah bisa menebak dengan mudah apa jenis kelamin dari burung cucak ijo. 

3. Bagian leher
Perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang berikutnya adalah pada bagian leher. Saat usia cucak ijo sekitar 4-6 bulan, mereka akan memiliki warna leher yang sama, yaitu kuning terang. Semakin dewasa usia mereka, maka perbedaan burung cucak ijo jantan dan betina akan semakin kelihatan. Pada burung cucak ijo jantan, warna lehernya lama kelamaan akan menjadi hitam. Sedangkan pada burung cucak ijo betina, warna kuning di leher lama kelamaan akan berubah menjadi putih kehijauan. 

Itulah beberapa perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang cukup mudah untuk diamati. Saat ini banyak orang yang tertarik untuk melihat perbedaan antara burung jantan dan betina karena banyak yang menginginkan memelihara cucak ijo jantan. Hal ini disebabkan karena cucak ijo jantan memiliki kicauan yang lebih merdu dibanding yang betina. Selain itu, ada juga yang memang menginginkan untuk mencari indukan untuk diternakkan. Demikianlah informasi mengenai cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina secara mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang masih kebingungan untuk membedakan jenis kelamin burung cucak ijo.

Inilah 3 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah