Senin, 02 Januari 2017

8 Perbedaan Oven dan Microwave yang Perlu Diketahui

loading...

Banyak yang belum mengetahui perbedaan oven dan microwave, karena kebanyakan orang menganggap bahwa keduanya adalah perabot elektronik yang sama. Padahal secara garis besar microwave dan oven sangat berbeda, baik dari bentuk, fungsi, dan tentu saja harganya. Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja perbedaan dari oven dan microwave, berikut ini penjelasannya:

beda microwave dan oven listrik,cara menggunakan microwave oven,apa kegunaan microwave,microwave oven yang bagus,fungsi microwave oven sharp,apa itu microwave,kegunaan microwave oven panasonic,
1. Fungsinya
Perbedaan yang pertama oven dan microwave adalah fungsinya, fungsi dari oven adalah untuk memanggang makanan sampai makanan matang, sedangkan microwave hanya bisa memanaskan makanan saja. Jadi, microwave hanya bisa memanaskan saja tidak bisa mematangkan seperti fungsi dari oven.

2. Cara kerjanya
Cara kerja antara oven dan microwave berbeda, cara kerja dari oven yaitu menggunakan energi panas yang masuk ke dalam oven. Untuk mendapatkan energi panas dalam oven bisa menggunakan listrik maupun dengan bantuan api. Sedangkan panas yang dihasilkan oleh microwave berasal dari tenaga listrik yang berubah menjadi molekul panas yang bisa membantu untuk memanaskan makanan.

3. Waktu memasak
Waktu memasak dengan menggunakan oven dan microwave sangat berbeda. Memasak dengan menggunakan oven membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan menggunakan microwave.

4. Cara memasak
Perbedaan oven dan microwave juga bisa dilihat dari cara memasaknya, dimana kedua benda ini mempunyai cara memasak yang berbeda. Memasak dengan menggunakan oven harus menggunakan tempat makanan yang tahan terhadap panas untuk menghindari kerusakan pada tempat. Tempat makanan yang bisa digunakan adalah tempat makanan yang terbuat dari kaca atau stainless steel, dan teflon. Sedangkan microwave cara memasaknya harus menggunakan tempat tahan panas dan tertutup karena mempunyai risiko makanan akan meledak jika tidak ditutup.

5. Hasil masakannya
Masakan yang dihasilkan dari oven dan microwave mempunyai tekstur yang berbeda. Masakan yang dimasak dengan menggunakan microwave lebih kering dibandingkan dengan menggunakan oven. Selain itu, masakan dari oven juga lebih renyah dan hasilnya matang secara merata.

6. Energi yang digunakan
Energi yang digunakan oven dan microwave berbeda. Oven bisa menggunakan kompor atau listrik, tapi microwave hanya bisa menggunakan listrik. Konsumsi energi yang digunakan juga berbeda lebih besar oven karena memasak dengan menggunakan oven membutuhkan waktu yang lebih lama.

7. Jenisnya
Jenis oven dan microwave berbeda, bentuk dari oven bisa terpisah dari kitchen set ataupun menyatu dengan kitchen set. Sedangkan microwave merupakan perabotan elektronik yang tidak menyatu dalam kitchen set.

8. Ukurannya
Ukuran oven tentu saja lebih besar dibandingkan dengan microwave, tapi ada juga oven yang berukuran kecil seperti microwave tergantung dari kapasitas maksimal pada oven.

Sudah paham bukan sekarang bahwa oven dan microwave adalah dua barang elektronik yang berbeda. Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat oven dan microwave bisa dijadikan satu menjadi oven microwave. Oven microwave atau microwave oven ini mempunyai dobel fungsi yaitu bisa dijadikan sebagai oven dan microwave secara bersamaan. Secara umum, oven dan microwave mempunyai perbedaan yang jelas seperti dijelaskan dalam 8 perbedaan oven dan microwave ini.

8 Perbedaan Oven dan Microwave yang Perlu Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah