Kamis, 04 Februari 2016

7 Perbedaan DNA Dan RNA Secara Garis Besar

loading...

Perbedaan DNA dan RNA sebenarnya cukup banyak, pastikan Anda tidak salah membedakannya. DNA sendiri merupakan salah satu istilah yang sangat sering didengarkan, tidak dengan RNA. Banyak orang melakukan tes DNA untuk mengetahui apakah orang tersebut memiliki hubungan darah. Contohnya saja seperti orang tua dan anak, kakak dan adik atau hubungan darah lainnya. Jika tes DNA menunjukkan kecocokan hingga 99.99 persen, maka sudah dipastikan orang tersebut memiliki hubungan darah. Lalu apa yang dimaksud dengan RNA? RNA atau Ribonucleid Acid merupakan Asam Ribonukleat yang memiliki peranan cukup penting.

perbedaan dna dan rna dalam tabel,fungsi dna dan rna,persamaan dna dan rna,fungsi rna,struktur dna dan rna,struktur rna,sifat rna,perbedaan struktur dna dan rna,
RNA termasuk jenis asam nukleat yang memiliki keterkaitan dengan DNA yang sangat erat. Di mana informasi yang diperoleh pada DNA akan dipindah ke RNA. Selanjutnya, informasi dari DNA tersebut akan digunakan untuk sintesis protein. Dilihat dari strukturnya, DNA dan RNA ternyata memiliki struktur yang berbeda. Akan tetapi keduanya sama-sama tersusun dari beberapa nukleotida. RNA terdiri dari gula pentosa ribosa, sementara DNA terdiri dari deokrisibosa. Rantai RNA adalah rantai tunggal, sementara DNA memiliki rantai ganda atau biasa disebut dengan double helix. 

DNA dan RNA memiliki kesamaan lain yaitu sama-sama mengandung basa nitrogen atau biasa disebut dengan asam nukleat. Di antaranya yaitu adenin, guanin, timin dan juga sitosin, baik DNA atau RNA sama-sama mengandung zat-zat tersebut. Lalu, apa saja perbedaan DNA dan RNA? Ini dia perbedaan di antara keduanya:

1. Rantai nukleotida
Sebelumnya sudah dibahas bahwa RNA memiliki 1 rantai nukleotida atau bisa disebut dengan single stranded. Sementara DNA memiliki 2 rantai nukleotida atau biasa disebut dengan double stranded atau double helix.

2. Basa pirimidin
Perbedaan lain dari DNA dan RNA yaitu terletak pada kandungan basa pirimidin. Di mana DNA mengandung timin dan sitison dan RNA mengandung urasil dan sitosin.

3. Gula pentosa
Kandungan gula pentosa di dalam DNA adalah deoksirikbisa, sementara kandungan gula pentosa pada RNA adalah ribosa.

4. Ukuran
Dilihat dari ukuran, DNA memiliki ukuran yang cukup besar dan termasuk bagian dari kromosom. Sementara RNA memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan DNA.

5. Letak
Sebagian besar DNA terletak di inti, walau ada juga yang terletak di mitokondria dan plastid. Sedangkan RNA sendiri terletak hanya di sitoplasma, tidak berada di tempat lain.

6. Jenis
DNA hanya berjenis DNA, sementara RNA berjenis mRNA, rRNA dan tRNA.

7. Fungsi
Seperti yang sudah disebutkan, DNA banyak digunakan untuk mengetahui kecocokan antara hubungan darah. DNA memang memiliki fungsi untuk mengetahui faktor keturunan dan sintesis darah. Sementara RNA berhubungan dengan sintesis protein, kecepatan sintesis protein dan berubah kadar.

Setelah mengetahui perbedaan antara DNA dan RNA tersebut, Anda tentu tidak akan bingung lagi. DNA dan RNA adalah 2 hal yang berbeda, walaupun keduanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Itulah ulasan mengenai perbedaan DNA dan RNA, pastikan Anda tidak bingung lagi membedakan keduanya.

7 Perbedaan DNA Dan RNA Secara Garis Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah