Kamis, 04 Februari 2016

6 Perbedaan Nabi dan Rasul yang Wajib Anda Ketahui

loading...

Perbedaan nabi dan rasul berikut ini penting untuk Anda ketahui, tentunya untuk Anda yang menganut agama Islam. Di dalam Islam, nabi dan rasul adalah salah satu hal yang harus dipercayai. Di mana kepercayaan ini termasuk dalam rukun iman, wajib dipercayai oleh seluruh umat Muslim. Baik nabi ataupun rasul, adalah penerima wahyu Allah SWT dan keduanya merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Namun walaupun merupakan penerima wahyu Allah SWT, nabi dan rasul memiliki perbedaan. Lalu, apa saja perbedaan di antara nabi dan juga rasul tersebut? Simak penjelasannya berikut.

rukun iman dan penjelasannya,nabi dan rasul ulul azmi,pengertian nabi dan rasul,tugas nabi dan rasul,rukun iman ada 6 sebutkan,rukun iman ke 6,ada 6 yaitu,menurut bahasa dan istilah,
Perbedaan Antara Nabi dan Rasul
Perbedaan antara nabi dan rasul cukup banyak, di mana rasul sudah pasti adalah nabi namun tidak untuk sebaliknya. Tidak semua nabi menjadi rasul, untuk itu ketahuilah apa saja yang membedakan antara nabi dan rasul. Berikut adalah perbedaan antara nabi dan juga rasul yang penting untuk Anda ketahui:

1. Cara menerima wahyu
Walaupun nabi dan rasul adalah sama-sama menerima wahyu dari Allah SWT, namun cara penerimaannya berbeda. Orang yang menerima wahyu dari Allah dan menjadi utusan-Nya disebut sebagai nabi. Namun tidak semua nabi dapat menjadi rasul, hal ini sangat berkaitan dengan cara penerimaan wahyu. Nabi menerima wahyu hanya melalui mimpinya saja, namun tidak dengan rasul. Rasul menerima wahyu melalui mimpi dan juga melalui malaikat Jibril, rasul bahkan dapat berkomunikasi langsung dengan malaikat Jibril.

2. Penyebaran syariat
Perbedaan lain antara nabi dan rasul yaitu pada penyebaran syariatnya. Di mana nabi adalah utusan Allah yang menerima wahyu dan diamalkan untuk diri sendiri. Namun terkadang nabi juga diperintahkan untuk menyebarkan wahyu tersebut. Sementara rasul menerima wahyu untuk disampaikan atau disebarkan kepada umat-umatnya.

3. Syariat baru
Perbedaan nabi dan rasul lainnya yaitu pada syariat yang disebarkan oleh nabi atau rasul. Nabi hanya menyebarkan syariat yang sudah ada sebelumnya, sementara rasul membawa syariat baru.

4. Kitab suci
Nabi tidak memiliki kitab suci, namun rasul memiliki kitab suci. 

5. Kaum
Perbedaan lainnya antara nabi dan rasul yaitu pada kaumnya, nabi diutus untuk kaum yang sudah beriman. Sementara rasul diutus untuk kaum-kaum yang masih kafir atau belum beriman.

6. Penyelamatan
Semua rasul diselamatkan Allah SWT dari pembunuhan oleh kaum-kaumnya, sementara nabi tidak. Beberapa nabi ada yang berhasil dibunuh oleh kaumnya, ada juga yang diselamatkan.

Setelah mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, sekarang Anda tentu lebih tahu mengenai nabi dan rasul. Nabi adalah utusan Allah SWT yang belum tentu menjadi seorang rasul, namun rasul sudah pasti nabi Allah. Nabi pertama yang diutus Allah SWT adalah Nabi Adam AS, sementara rasul pertama adalah Nabi Nuh SWT. Hanya rasul Allah SWT yang menerima dan memiliki kitab suci, nabi tidak. Nabi terakhir sekaligus rasul terakhir bagi umat Muslim adalah Nabi Muhammad SAW yang dibekali dengan kitab suci Al-Quran. Itulah perbedaan nabi dan rasul yang penting untuk Anda ketahui.

6 Perbedaan Nabi dan Rasul yang Wajib Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah