Rabu, 24 Februari 2016

5 Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap yang Paling Mendasar

loading...

Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap - Ada banyak jenis batik yang ada di Indonesia, dua batik yang sangat terkenal yaitu batik tulis dan batik cap. Perbedaan batik tulis dan batik cap ini terkadang masih membingungkan, apalagi bagi orang awam yang tidak pernah mengetahui tentang batik. Berikut ini penulis berikan perbedaan-perbedaan yang paling mendasar antara batik tulis dan batik cap:

pengertian batik tulis,sejarah batik tulis,peralatan yang digunakan,apa fungsi gawangan pada proses,sebutkan peralatan yang,alat dan bahan dalam membuat karya seni batik,sketsa seni batik,cap,
1. Alat yang digunakan
Perbedaan pertama antara batik tulis dan batik cap adalah pada alat yang digunakan dalam membuat motif atau dalam membatiknya. Batik tulis dikerjakan menggunakan alat yang terbuat dari tembaga yang diberi nama canting dan pola atau gambar yang dibentuk dibuat dengan menggunakan malam atau lilin batik yang disalurkan melalui pipa kecil pada canting. Sedangkan batik cap dalam pengerjaannya menggunakan cap khusus yang sudah digambar sesuai dengan motif yang diinginkan, dimana biasanya ukuran cap batik ini sekitar 20 x 20 cm. Gambar pada cap ini nantinya ditempelkan pada kain dengan menggunakan pewarna khusus untuk membatik.

2. Desain gambar
Perbedaan yang kedua dari batik tulis dan batik cap bisa dilihat dari desain gambar yang ada pada kain batik. Batik tulis mempunyai desain gambar yang tidak mempunyai pengulangan sehingga gambar terlihat lebih luwes dengan ukuran motif yang lebih kecil dibandingkan dengan batik cap. Sedangkan batik cap, pada pola atau motifnya selalu berulang dan mempunyai bentuk yang sama dengan ukuran motif yang lebih besar dari pada batik tulis. Biasanya motif pada batik tulis tembus pandang pada kedua sisi, sedangkan batik cap hanya tampak pada satu sisi saja.

3. Warna dasar kain
Perbedaan batik tulis dan batik cap selanjutnya juga bisa dilihat dari warna dasar kain yang digunakan. Warna dasar kain pada batik tulis lebih muda dibandingkan dengan warna pada motif kain. Sedangkan pada kain batik cap warna dasar kain lebih tua dibandingkan dengan warna pada motifnya.

4. Ragam hias
Ragam hias pada kain batik tulis dan batik cap berbeda. Perbedaan ini bisa terlihat sangat jelas pada keduanya. Batik tulis mempunyai ragam hias yang beragam karena pada setiap kain batik motif atau gambarnya tidak akan sama, baik dalam hal bentuk maupun ukurannya. Sedangkan pada batik cap mempunyai ragam yang sedikit karena motifnya selalu berulang.

5. Waktu pengerjaan dan harga jual
Perbedaan yang terakhir antara batik tulis dan batik cap adalah pada waktu pengerjaan dan harga jualnya. Waktu pengerjaan batik tulis lebih lama dibandingkan dengan batik cap karena batik tulis harus digambar secara manual. Begitu juga dengan harga jualnya, harga jual batik tulis lebih mahal dibandingkan dengan harga jual batik cap.

Batik yang merupakan salah satu ikon budaya Indonesia dan sudah diakui oleh dunia ini memang harus dilestarikan. Sebagai ikon budaya khas Indonesia batik harus menjadi pakaian kebanggaan bangsa Indonesia, siapa lagi jika bukan orang Indonesia yang melestarikan batik ini. Berbagai jenis batik juga harus dikenali seperti batik tulis dan batik cap. Perbedaan batik tulis dan batik cap juga harus diketahui agar sebagai warga Indonesia kita mengenal dan memahami budaya warisan nenek moyang.

5 Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap yang Paling Mendasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah